20 Januari 2020 15:44:45
Ditulis oleh Admin

Penyelidikan dan Pengukuran Geolistrik untuk Menunjang Penyelidikan Air Tanah di Desa Trutup

trutup-plumpang.desa.id - Semakin lama tagihan air minum semakin membebani masyarakat desa Trutup yang notabene sebagian besar penduduknya tergolong kurang mampu. Itulah sebabnya masyarakat menginginkan adanya sumber air bersih yang mampu memenuhi kebutuhan dan tidak membebani masyarakat desa, terutama yang kurang mampu. Hal tersebut telah mendapat perhatian dari Pemerintah Desa dalam forum rapat desa.

Tahap awal kegiatan ini selanjutnya akan didanai oleh Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 guna melakukan penyelidikan keberadaan air tanah dengan menggunakan seperangkat alat geolistrik. Selanjutnya akan diteruskan ke tahap selanjutnya ketika hasil dari penyelidikan telah diterbitkan.

Pada hari ini, Senin (20/01), Pemerintah Desa didampingi oleh Pendamping Teknis Desa dan tenaga ahli melakukan penyelidikan di empat titik yang berbeda yang diduga terdapat air tanah. Penyelidikan pertama dilakukan di Balai Desa Trutup. Penyelidikan kedua dilakukan di Dusun Talun RT 13 RW 05, tepat di sebelah rumah Kaur TU dan Umum, Wihanto. Penyelidikan ketiga dilakukan di Dusun Talun RT 01 RW 01, tepatnya di jalan baru yang menghubungkan Desa Trutup dan Desa Kesamben. Sedangkan penyelidikan keempat dilakukan di Dusun Talun RT 15 RW 05, tepatnya di area persawahan.

Taufik Iskandar, tenaga ahli dari Bandung, Jawa Barat, mengatakan bahwa hasil laporan penyelidikan baru bisa diterbitkan seminggu setelah penyelidikan dilakukan. Sembari menunggu laporan akhir dari penyelidikan tersebut, Pemerintah Desa berharap adanya titik terang dari kegiatan tersebut sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya. (adm/mhi)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus