27 Agustus 2020 20:32:49
Ditulis oleh Admin

Hama Wereng Merajalela, Para Petani Desa Trutup Lakukan Penyemprotan Massal

trutup-plumpang.desa.id - Wereng adalah sebutan umum bagi serangga penghisap cairan tumbuhan yang berasal dari anggota ordo Hemiptera. Karena eksklusif hidup dari tanaman, sejumlah anggotanya menjadi hama penting dalam budidaya tanaman, seperti wereng hijau (Nephotettix spp.), wereng coklat (Nilaparvata lugens), dan wereng punggung putih (Sogatella furcifera).

Selain sebagai pemakan langsung, wereng juga menjadi vektor bagi penularan sejumlah penyakit tumbuhan penting lainnya, seperti virus tungro yang menyerang tanaman padi yang disebarkan oleh wereng hijau. Akibat yang ditimbulkan dengan adanya penyakit tanaman ini adalah menurunnya hasil panen serta membuat tanaman menguning, kerdil dan akhirnya mati. Hal ini membuat resah bagi sebagian besar petani, terutama petani di Desa Trutup Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban.

Selanjutnya pada hari Kamis (27/8) pagi, sekelompok petani Desa Trutup melakukan penyemprotan massal guna membasmi hama wereng yang semakin merajalela di lahan pertanian mereka. Hal ini juga guna mencegah kembalinya hama wereng di lahan mereka dalam jangka waktu yang lama. Sehingga tanaman padi mereka dapat tumbuh dengan normal tanpa adanya penyakit tanaman yang disebabkan oleh hama wereng.

Dengan adanya bantuan insektisida dari pemerintah dengan bahan aktif Imidakloprid 10%, para petani tidak perlu lagi merogoh saku dalam-dalam hanya sekedar membeli insektisida yang ada di pasaran. Disisi lain, mereka sangat senang dan bersyukur dengan adanya bantuan pertanian yang berupa insektisida tersebut.

Harapan para petani kedepannya semoga bantuan-bantuan pemerintah seperti ini tetap ada sehingga dapat meringankan beban para petani Desa Trutup dan meningkatkan ketahanan pangan nasional. (adm/mhi)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus