10 September 2020 18:19:25
Ditulis oleh Admin

Penyaluran BLT DD Tahap IV Kepada 133 KPM Desa Trutup Kecamatan Plumpang Telah Rampung Dilaksanakan

trutup-plumpang.desa.id - Mengingat pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) belum dinyatakan berakhir oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pemerintah pusat menginstruksikan kepada semua unsur untuk memberikan bantuan lagi kepada warga miskin dan warga yang terdampak adanya pandemi Covid-19 ini. Diantara bantuan tersebut salah satunya berupa bantuan langsung tunai (BLT), namun nominal yang diberikan tidak lagi sama dengan yang sebelumnya. Adapun nominal yang diberikan kepada penerima manfaat sebesar Rp 300.000,- per bulan. Pemberian BLT ini kemudian diatur di Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Atas dasar tersebut, Pemerintah Desa Trutup Kecamatan Plumpang mengadakan musyawarah desa kembali bersama BPD dan masyarakat desa guna mengalokasikan anggarannya untuk kegiatan pemberian BLT Triwulan 2. Alhasil, dalam musyawarah tersebut menghasilkan keputusan dimana pemberian BLT ini akan disalurkan kepada 133 KPM senilai Rp 300.000,- per bulan terhitung mulai bulan Agustus hingga bulan Oktober tahun 2020 dan apabila ditemukan KPM ganda, menolak bantuan, dan kondisi ekonomi membaik akan diganti dengan KPM yang belum pernah menerima bantuan apapun serta apabila ada KPM yang belum tercover bantuan akan diberikan bantuan dari sumber lain.

Agar dapat mencairkan dana BLT untuk Triwulan 2, pemerintah desa diharuskan melengkapi administrasi yang dibutuhkan. Dikarenakan banyaknya administrasi yang dibutuhkan dan waktu yang tidak mencukupi, pemerintah desa mengalami keterlambatan dalam penyaluran untuk Tahap IV (bulan Agustus) sehingga penyaluran tersebut terlaksana di awal bulan September.

Pada hari Kamis (10/9), Pemerintah Desa melakukan penyaluran BLT Tahap IV periode bulan Agustus di Balai Desa Trutup. Penyaluran ini dibagi dua sesi agar mengurangi banyaknya warga yang berkerumun di lokasi. Meskipun dibagi dalam dua sesi, penyaluran ini tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Dalam penyaluran BLT Tahap IV ini dihadiri juga Babinsa Desa Trutup, Hadi Surwanto, dan Bhabinkamtibmas Desa Trutup, Abdul Qodir.

Seperti biasa, sebelum penyaluran BLT Tahap IV dimulai, Kepala Desa Trutup, Slamet Widodo, memberikan sedikit sambutan dan arahan kepada semua penerima bantuan ini yaitu bahwasanya bantuan ini diberikan tidak hanya kepada warga miskin saja tapi juga warga yang terdampak adanya pandemi Covid-19 sehingga mengalami penurunan ekonomi hingga kehilangan mata pencaharian. Bagi penerima yang kondisi ekonominya telah membaik akan diganti dengan calon penerima lain yang belum menerima bantuan apapun.

Selanjutnya, pelaksanaan penyaluran BLT Tahap IV pun dimulai hingga selesai sekitar pukul setengah 12 siang waktu setempat. Meskipun dibagi dua sesi, penyaluran tersebut telah diterimakan kepada 133 KPM. Hal ini menandakan bahwa penyaluran BLT Tahap IV periode bulan Agustus telah rampung. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi penerima dan mendorong pertumbuhan ekonomi keluarga yang lebih baik lagi. (adm/mhi)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus