24 Maret 2020 19:29:10
Ditulis oleh Admin

Pemdes Trutup Melakukan Penyemprotan Disinfektan Guna Mencegah Penyebaran Virus Corona

trutup-plumpang.desa.id - Menyebarnya virus Corona (Covid-19) yang begitu cepat di Indonesia berdampak serius pada berbagai sektor. Mulai dari sektor pendidikan hingga sektor ekonomi. Virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan, Cina, pada tahun 2019. Virus ini merupakan sekumpulan virus dari subfamili Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales yang menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia). Pada manusia, virus ini menyerang saluran pernapasan. Apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat maka akan menyebabkan masalah yang serius, salah satunya kematian. Dari data terbaru per 24 Maret, Pemerintah mengumumkan sudah ada 686 kasus positif Corona, 55 pasien meninggal dunia dan 30 lainnya sembuh. Sedangkan secara global sudah ada 378.287 orang yang terinfeksi, 100.958 sembuh dan 16.497 meninggal dunia.

Demi mencegah penyebaran virus Corona di wilayah Desa Trutup, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, segenap aparatur desa saling bahu-membahu melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi yang strategis, termasuk fasilitas umum dan tempat-tempat berkumpulnya banyak orang, pada hari Selasa (24/03).

Bahan baku yang digunakan sebagai disinfektan sangatlah sederhana. Disinfektan tersebut terbuat dari campuran cairan pembersih / pemutih pakaian dan air bersih dengan perbandingan 1:9 yang artinya dalam 1 botol cairan pembersih ditambah dengan 9 botol air bersih. Hasil campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tangki 14 liter. Tangki yang sudah berisi disinfektan tersebut sudah siap diangkut dan disemprotkan di lokasi tujuan. Dengan bantuan mobil ambulance desa semakin mempermudah kegiatan penyemprotan disinfektan tersebut.

Pemerintah desa berharap masyarakat desa Trutup agar ikut berpartisipasi aktif dalam mencegah penyebaran virus Corona dengan membuat disinfektan sendiri dengan bahan baku yang sederhana di rumah masing-masing agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.  (adm/mhi)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus